7 Tempat Wisata di Korea Selatan Yang Wajib di Kunjungi

34 views

Korea Selatan menjadi salah satu tempat yang menarik untuk berwisata, terutama di kalangan masyarakat Asia seperti China, Hongkong, Jepang, dan Taiwan. Seiring dengan menjamurnya kebudayaan Korea di bidang music atau yang lebih dikenal dengan K-Pop, jumlah kunjungan wisatawan ke Korea khususnya Korea Selatan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Bukan hanya tentang K-Pop-nya yang menarik untuk dinikmati, Korea Selatan juga memiliki banyak tempat wisata yang pantas untuk dikunjungi sebagai pengisi waktu berlibur. Mulai dari tempat bersejarah atau museum, gedung pertunjukan hingga wisata alamnya yang indah.

Pengurusan visa kunjungan ke Korea Selatan yang mudah hingga jalur penerbangan internasional yang tersedia menjadikan perjalanan berlibur ke Korea Selatan sangatlah dinantikan banyak orang. Banyak agensi travel yang menyediakan tour trip ke Korea Selatan dalam berbagai bentuk paket wisata. Tetapi jika pengunjung menginginkan berpetualang di Negara Gingseng ini, pengunjung bisa berangkat secara pribadi.

Tempat wisata di Korea Selatan saat musim panas

Berikut adalah tempat wisata di Korea Selatan yang paling popular dan menjadi tujuan utama para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

  1. Pulau Jeju

Jejudo, atau lebih dikenal dengan sebutan Pulau Jeju, ada juga yang menyebut Pulau Jeju dengan sebutan Pulau Dewata. Pulau Jeju merupakan wisata yang sangat populer di Korea Selatan. Pulau yang memiliki julukan sama dengan Pulau Bali ini banyak dikunjungi wisatawan dari mancanegara yang bertambah setiap tahunnya.

Pulau Jeju menjadi tempat paling favorit sebagian besar sepasang pengantin baru yang ingin berbulan madu. Perbedaan Pulau Jeju dengan pulau yang lain adalah adanya campuran batu volkanik, cuara yang sering hujan dan iklim yang sangat sejuk.

Pulau Jeju juga menawarkan berbagai kegiatan untuk para wisatawan, misalnya hiking di Halla-san yang merupakan puncak tertinggi di Korea Selatan untuk menyasikan matahari terbit dan terbenam diatas lautan, melihat air terjun yang megah dan tabung lava, Jeju Loveland, bahkan wisatawan juga bisa menunggangi kuda, atau sekedar berbaring di pinggiran pantai.

Bukan hanya wisata alam yang sajikan oleh Pulau Jeju. Di pulau ini juga dapat ditemui beberapa museum, seperti Folklore and Natural History Museum, Jeju Independence Museum, Museum Pendidikan Jeju, Jeju Teddy Bear Museum dan beberapa museum menarik lainnya.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Korea Paling Unik

  1. Teater Nanta, MyeongDong

Teater Nanta merupakan tontonan paling terkenal di Seoul, Korea Selatan. Teater ini juga menjadi salah satu wisata wajib untuk dikunjungi saat berwisata ke Korea Selatan. Teater Nanta pertama kali dipentaskan pada tahun 1997.

Lokasi perjuntukan teater Nanta berapa di lantai 3 dan lantai 5 Gedung UNESCO yang berada di pusat keramaian Myeongdong. Pengunjung yang menyasikan teater Nanta akan disuguhi drama komedi nonverbal dengan latar dapur dan menggunakan alat memasak sebagai alat music perkusinya.

Tidak sedikit penonton yang terpukau dengan suguhan aksi-aksi teatrikalnya yang dikombinasikan dengan keahlian memainkan alat-alat music dapur sebagai instrument musik. Untuk dapat menikmati tontonan ini, pengunjung harus membeli tiket masuk sebesar 40 ribu hingga 60 ribu won. Biasanya tiket dijual secara online atau dapat dibeli di lokasi pertunjukan.

Tempat wisata di Korea Selatan saat Musim Semi

  1. Menara Seoul

Menara Seoul, atau dikenal dengan nama Namsan Seoul Tower. Menara ini memiliki ketingian 237 meter dan terletak di Gunung Namsan menjadi tempat terbaik untuk menikmati pemandangan malam Kota Seoul.

Untuk menuju Menara Seoul, wisatawan bisa menaiki bus, mobill kabel, atau dengan berjalan kaki. Tetapi jika ingin mengambil foto-foto yang keren sambil menikmati suasana malam Kota Seoul, wisatawan disarankan menaiki mobil kabel. Banyak pasangan yang mengunjungi Menara Seoul pada malam hari untuk menikmati suasana romantis dan damai.

Pada puncak menara terdapat Observatory Digital, teleskop bertenaga tinggi. Wisatawan cukup membayar 500 ₩ untuk menggunakannya. selain itu pengunjung juga akan disuguhi pemandanga malam Kota Seoul yang dapat dilihat dari jendela menara.

Salah satu keunikan Menara Seoul ini adalah pada puncak menara terdapat tempat yang disebut Locks of Love. Konon, sepasang kekasih dapat mengabadikan cinta  mereka dengan cara memasang gembok di pagar dan membuang kuncinya sebagai tanda pengharapan cinta kasih akan terus bersama. Selain itu, terdapat juga Pesan Cinta Keramik, dimana wisatawan dapat menulis atau berfoto dengan kekasih di ubin, kemudian menempelkannya di sudut yang disediakan di lantai pertama menara. Tempat ini sering dijadikan tempat syuting beberapa drama Korea, seperti Princess Hours, Boy Before Flowers, dan masih banyak lagi.

  1. Istana Gyeongbok

Sebenarnya ada lima istana utama yang terletak di Seoul, diantaranya Istana Gyeongbok, Changgyeong Palace, Istana Changdeok, Doksu Palace, dan Istana Kyonghi. Kelima istana ini dikenal dengan sebutan “Lima Istana”. Dari kelima istana tersebut, Istama Gyeongbok-lah yang paling besar dan paling terkenal yang dibangun pada tahun 1397. Istana ini juga menjadi istama utama Dinasti Joseon.

Di dalam Istana Gyeongbok juga terdapat Museum Nasional Rakyat Korea (National Folk Museum of Korea). Pada museum ini, wisatawan dapat menyewa baju tradisional Korea dan berfoto untuk mengabadikan momen wisata di sana. Pada area yang sama juga ada pemandu wisata yang akan mengajak wisatawan berkeliling dengan mengunakan bahasa Inggris dan gratis. Namun, biaya masuk untuk Istana Gyeongbok ini sebesar 3000 ₩.

Tempat wisata di Korea Selatan saat Musim Dingin

  1. Kuil Bongeunsa

Kuil Bongeunsa terletak pada disrtrik Gangman, Seoul. Gangman sendiri merupakan kawasan elit dengan laju pertumbuhan ekomoni yang cukup cepat. Pada distrik ini pula terdapat kuil tua yang dibangun pada tahun kesepulun pemerintahan Raja Shilla Wongseong atau sekitar tahun 794.

Untuk menikmati wisata ini, wisatawan tidak dikenakan biaya apapun. Namun, wisatawan harus mengikuti rute yang sudah ditentukan. Kuil Bongeunsa merupakan kuil Buddha yang indah. Sangat kontras dengan bangunan tinggi dan modern di sekelilingnya. Namun, tidak ada satu bangunan di Gangnam yang mampu mngalahakan keindahan Kuil Bongeunsa ini.

  1. Bukchon Village

Bukchon Village akan membawa para wisatawan kembali pada jejak masa lalu Negara Korea Selatan. Di sini wisatawan dapat menyaksikan rumah-rumah tradisional berjajar dengan rapid an masih terjaga kelestariannya. Kawasan ini dikelilingi oleh bangunan dan gedung-gedung modern yang tinggi di Seoul. Bukchon Village terletak di antara Istana Gyeokbok, Istana Changdeok dan Jongmyo Shrine. Wisatawan dapat mengunakan subway line 3 menuju Anguk Station, lalu turun dari pintu 2. Setelah sampai di Anguk Station, berjalan kearah utara sekitar 300 meter untuk sampai ke Bukchon Village.

  1. Myeongdong

Myeongdong merupakan surge belanja di Korea Selatan. Berbagai macam model pakaian terbaaru ada di tempat ini. Jiwa ingin melihat pakaian apa yang sedang naik daun di Korea Selatan, Myeongdong adalah pilihan yang sangat tepat.

Selain pakaian, tempat ini juga menjual banyak produk kosmetik dan kecantikan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Sama halnya dengan wisata belanja lainya, Myeongdong juga menyediakan aneka kuliner yang menarik, mulai dari jajanan pinggir jalan hingga tempat makan.

Ini yang membuat Myeongdong menjadi tempat yang pas untuk dijadika wisata penutup ketika berkunjung ke Korea Selatan, karena wisatawan bisa membelikan oleh-oleh sambil menikmati jajanan khas Korea di sini.

Demikian gambaran singkat tentang wisata di Korea Selatan yang cukup digemari para pelancong. Jika ingin berkunjung ke Korea Selatan, sebaiknya pada musim gugur atau pada bulan September sampai November. Karena pada saat itu cuaca sangatlah hangat, cerah dan indah.

Jika berkunjung pada musim dingin maka jangan sampai melewatkan olahraga ski. Sedangkan pada musim semi, yang terjadi pada Bulan April hinga Mei wisatawan akan disuguhi bunga sakura yang indah. Pada musin ini biasanya jumlah wisatawan membludak, sehingga wisatawan harus dari jauh-jauh hari memesan holet atau penginapan di sekitan area wisata yang akan dikunjungi.

Terakhir pada musim panas, udara di sekitar akan terasa lembab dan panas. Namun tidak jarang pula wisatawan yang berlibur pada musim ini. Semoga berlibur ke Korea Selatan dapat menghilangkan jenuh dan penat karena pekerjaan dan tugas kuliah.

 

Tags: #korea #musim dingin #musim panas

Leave a reply "7 Tempat Wisata di Korea Selatan Yang Wajib di Kunjungi"

Author: 
    author