Strategi Pengembangan Bisnis dengan Digital Marketing

Kasih bintang ya!

Sebagian besar perusahaan kecil memiliki rencana untuk mengembangkan bisnis mereka dan meningkatkan penjualan dan laba. Namun, ada metode tertentu yang harus digunakan perusahaan untuk menerapkan strategi pertumbuhan.

Metode yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya sebagian besar bergantung pada situasi keuangan, persaingan, dan bahkan peraturan pemerintah. Beberapa strategi pertumbuhan umum dalam bisnis termasuk penetrasi pasar, ekspansi pasar, ekspansi produk, diversifikasi dan akuisisi.

Strategi Penetrasi Pasar

Salah satu strategi pertumbuhan dalam bisnis adalah penetrasi pasar. Sebuah perusahaan kecil menggunakan strategi penetrasi pasar ketika memutuskan untuk memasarkan produk yang sudah ada dalam pasar yang sama yang telah digunakan.

Satu-satunya cara untuk tumbuh menggunakan produk dan pasar yang ada adalah dengan meningkatkan pangsa pasar, menurut para pakar bisnis kecil. Pangsa pasar adalah persen dari penjualan unit dan dolar yang dimiliki perusahaan dalam pasar tertentu vs. semua pesaing lainnya.

Salah satu cara untuk meningkatkan pangsa pasar adalah dengan menurunkan harga. Misalnya, di pasar di mana ada sedikit perbedaan di antara produk, harga yang lebih rendah dapat membantu perusahaan meningkatkan pangsa pasarnya.

Ekspansi atau Pengembangan Pasar

Strategi pertumbuhan ekspansi pasar, yang sering disebut pengembangan pasar, mengharuskan penjualan produk saat ini di pasar baru. Ada beberapa alasan mengapa perusahaan dapat mempertimbangkan strategi ekspansi pasar.

Pertama, persaingan mungkin sedemikian rupa sehingga tidak ada ruang untuk pertumbuhan dalam pasar saat ini. Jika sebuah bisnis tidak menemukan pasar baru untuk produk-produknya, itu tidak dapat meningkatkan penjualan atau keuntungan.

Perusahaan kecil juga dapat menggunakan strategi ekspansi pasar jika menemukan kegunaan baru untuk produknya. Misalnya, distributor sabun kecil yang menjual ke toko ritel mungkin menemukan bahwa pekerja pabrik juga menggunakan produknya.

Strategi Perluasan Produk

cara mengembangkan bisnis dengan digital marketing

Perusahaan kecil juga dapat memperluas lini produknya atau menambahkan fitur baru untuk meningkatkan penjualan dan keuntungannya. Ketika perusahaan kecil menggunakan strategi ekspansi produk, juga dikenal sebagai pengembangan produk, mereka terus menjual di pasar yang ada.

Strategi pertumbuhan ekspansi produk sering bekerja dengan baik ketika teknologi mulai berubah. Sebuah perusahaan kecil mungkin juga dipaksa untuk menambah produk baru karena yang lama menjadi ketinggalan zaman.

Strategi pengembangan bisnis dapat dengan mudah di lakukan jika bekerja sama dengan digital marketing agency, seperti Ahza Digital.

Pertumbuhan Melalui Diversifikasi

Strategi pertumbuhan dalam bisnis juga mencakup diversifikasi, di mana perusahaan kecil akan menjual produk baru ke pasar baru. Jenis strategi ini bisa sangat berisiko.

Perusahaan kecil perlu merencanakan dengan hati-hati ketika menggunakan strategi pertumbuhan diversifikasi. Riset pemasaran sangat penting karena perusahaan perlu menentukan apakah konsumen di pasar baru akan berpotensi menyukai produk baru.

Akuisisi Perusahaan Lain

Strategi pertumbuhan dalam bisnis juga dapat mencakup akuisisi. Dalam akuisisi, perusahaan membeli perusahaan lain untuk memperluas operasinya. Perusahaan kecil dapat menggunakan jenis strategi ini untuk memperluas lini produknya dan memasuki pasar baru. Strategi pertumbuhan akuisisi bisa berisiko, tetapi tidak berisiko seperti strategi diversifikasi.

Salah satu alasannya adalah bahwa produk dan pasar sudah mapan. Perusahaan harus tahu persis apa yang ingin dicapai ketika menggunakan strategi akuisisi, terutama karena investasi yang signifikan diperlukan untuk mengimplementasikannya.

Categories Bisnis

Leave a Comment