9 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

143 views

Sakit Perut Sebelah Kiri merupakan sakit perut yang terasa bagian sisi perut sebelah kiri. Daerah tepatnya perut sebelah kiri adalah bagian dibawah dada sampai bagian bawah di atas area kemaluan.

Jika kita akan membicarakan sakit perut sebelah kiri maka selain mengatahui daerah perut sebelah kri kita perlu memahami organ tubuh disebelah kiri yang termasuk di area perut sebelah kiri itu apa saja? Barulah kita mengetahui di organ apa yang merasakan sakit sehingga kita dapat mengetahui penyebab sakit perut sebelah kiri kita bisa di diagnosa.

Bagian tubuh yang ada di perut sebelah kiri

Organ tubuh di bagian perut sebelah kiri tersebut antara lain:

  • saluran tuba,
  • pembuluh darah seperti oarta,
  • Ginjal,
  • kelenjar adrenal,
  • organ hati,
  • limpa,
  • lambung,
  • pancreas,
  • ureter kiri,
  • sisi usus besar, 
  • kolon sigmoid,
  • sisi bagian rahim,
  • Ovarium bagian sisi kiri.

Pada wanita organ di bagian perut sebelah kiri lebih banyak dibandingkan laki – laki. Nah itulah bagian organ tubuh sebelah kiri yang harus diketahui.

Penyebab sakit perut sebelah kiri

Inilah beberapa alasan yang menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri ?

  1. Lapar

Pada usia anak – anak paling sering merasakan sakit perut sebelah kiri karena lapar. Sakit ini tidaklah begitu menjadi masalah karena disebabkan oleh lapar yang biasanya terasa perih pada ulu hati tetapi hal ini dapat merasakan tidak nyaman bagi tubuh. Jika hal ini terjadi maka segeralah mengambil sedikit air minum untuk diminum dan kemudian di isi makanan sedikit demi sedikit jangan sampai berlebih hingga perut merasakan terbiasa mencerna makanan tersebut.

  1. Sembelit

Sembelit sering juga disebut dengan nama lain dyschezia dan kontipasi. sebagian orang pernah mengalami sembelit karena adanya feses yang terasa besar dan sulit dikeluarkan hal ini dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri akan hal ini bisa menjadi berbahaya karena jika dipaksakan keluar kita bisa melukai kulit bagian dalam pada saluran anus sehingga luka tersebut dapat menyebabkan pendarahan bagian dalam.

Untuk masalah sembelit ini anda perlu memeriksakan ke ahli medis agar segera ditangani dengan baik, pencegahan untuk masalah sakit perut sebelah yang diakibatkan oleh sembelit sebetulnya mudah karena kita hanya perlu memenuhi asupan cairan dalam tubuh dan memenuhi kebutuhan serat tetapi terkadang kita mengabaikan hal tersebut sehingga kita baru menyadari setelah kita merasakan sakit perut sebelah kiri.

  1. Angin atau gas yang terjebak

Angin yang masuk atau gas yang terjebak sering menyebabkan sakit perut sebelah kiri sehingga perut terasa nyeri dan terasa tegang akibat kram perut. Biasanya hal ini diakibatkan oleh makanan yang menimbulkan gas seperti paprika, brokoli, bawang, jeruk, kubis, kembang kol, dan masih banyak lagi dan minuman atau makanan berkarbonasi yang membawa gelembung udara ke dalam saluran pencernaan tubuh anda atau bisa disebabkan oleh hembusan angin dingin yang terus menerpa tubuh anda.

  1. Batu Ginjal

Merupakan bagian sakit perut sebelah kiri karena ginjal terdapat disebelah kiri perut, mengapa disebut batu ginjal karena terdapat penggumpalan seperti batu Kristal yang biasanya keluar lewat buang air kecil (BAK) akan tetapi jika Kristal batu ginjal berukuran besar perlu adanya operasi untuk mengobtinya. Jika terjadi batu ginjal harus segera di obati dengan segera dan sebaik mungkin di bantu oleh ahli medis karena semakin besar gumpalan Kristal akan menghambat saluran kantong kemih sehingga menyebabkan penyakit baru akan timbul.

  1. Kehamilan Ketopik

Kehamilan ektopi terjadi pada perempuan sehingga mengalami sakit perut sebelah kiri yang luar biasa karena kehamilan ektopik ini terjadi diluar rahim, sel telur yang tumbuh dan berkembang diluar rahim selayaknya pembuahan pada rahim. Permasalahan berat akan timbul terutama rasa sakit yang tak tertahan saat kehamilan yang terjadi pada tuba falopi. Jika kehamilan terjadi pada tuba falopikemudian terjadi pecah atau yang disebut dengan rupture makan hal yang akan terjadi mulai dari mual, muntah, pusing yang sangat berat, pada bagian perut akan merasakan melilit, terasa adanya tekanan pada dubur anda, terjadinya pendarahan yang berat karena bisa dikatakan hal ini keguguran maka perlu adanya pemeriksaan medis dan usg jika terjadi kehamilan ektopik. Gejala kehamilan ektopik diantaranya mual terasa tidak nyaman pada perut seperti halnya kehamilan yang terjadi dan terasa melilit jika terjadi demikian segera periksakan ke ahli medis agar bisa segera ditangani dengan baik.

  1. Endometriosis

Endometriosis merupakan keadaan jaringan rahim yang normal. Tumbuhnya endometrium diluar rahim sehingga menyebabkan timbulnya rasa nyeri atau kram pada panggul pada saat periode bulanan yaitu periode menstruasi pada wanita. Bukan hanya hal tersebut yang terjadi pada sakit perut sebelah kiri tetapi selain periode menstruasi untuk wanita yang telah menikah pada saat bersenggama akan merasakan nyeri yang sama dan pada saat buang air besar. Hal yang perlu diwaspadai adalah kemungkinan terjadinya infertilitas atau kemandulan, untuk mengetahui hal tersebut perlu adanya pemeriksaan medis pada panggul melalui USG dan pemeriksaan laparoskopi. Pengobatan dapat dilakukan dengan obat pereda nyeri, terapi dan operasi.

  1. Diverticulitis

Terjadinya peradangan pada divertikulum ini akan mengakibatkan sakit perut sebelah kiri. Divertikulum merupakan kantong – kantong yang berada dalam usus, peradangan ini ditandai dengan sakitnya perut yang mendadak, mual dan muntah, demam, diare, sembelit, terjadinya pendarahan pada rectum dan perut terasa kembung. Untuk mengetahui hal tersebut dapat dilakukan pemeriksaan fisik, sinar X dan CT scan. Pengobatan untuk diverticulitis ringan dapat dilakukan dengan istirahat, antibiotic dan diet cairan, tetapi untuk diverticulitis berlangsung secara berulang, perforasi , fistula, dan abses dapat dilakukan dengan pembedahan.

  1. Aneurisma Aorta Abdominal

Terjadinya pelebaran pada daerah aorta di dalam perut dengan gejalan munculnya sakit perut sebelah kiri yang konstan, terjadinya denyutan yang terasa dekat umbilicus dan merasakan nyeri pada punggung. Pemeriksaan untuk kasus ini dengan cara USG Abodomen CT scan dan MRI. Untuk kasus yang terjadi pembedahanlah solusi dari masalah Aneurisma ini.

  1. Kista Ovarium

Kista ovarium terjadi pada kantung di dalam ovarium didalam kantung tersebut terbentuk cairan. Gejala untuk kasus ini biasanya perubahan pada siklus menstruasi menjadi tidak teratur, panggul akan terasa nyeri, mual dan terjadi muntah – muntah. Ketika anda menderita kista ovarium anda akan mengalami sakit perut sebelah kiri yang sangat hebat pada saat terjadinya puntiran pada kista tersebut. Penditeksian kista ini dilakukan dengan cara USG panggul, tes darah CA 125, Laparoskopi, dan tes kehamilan. Jika positif anda menderita kista ovarium dan kista berukuran besar maka perlu dilakukan pembedahan.

Selain penjelasan diatas bukan berarti tidak ada faktor lain yang menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri, karena jika tubuh kita mengalami sakit pada paru – paru bagian sebelah kiri, jantung, dan diafragma sebelah kiri dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri seperti halnya diatas.

 

Tags: #perut