11 Penyebab Batuk Kering Yang Berkepanjangan

189 views

Penyebab Batuk Kering – batuk kering merupakan gangguan atau merupakan gejala dari infeksi saluran pernafasan terutama paru – paru. Batuk yang berlangsung secara konsisten harus segera diatasi dengan baik dengan perawatan yang tepat. Ini sangat mengganggu dan dapat menular. Batuk merupakan bagian dari respon tubuh untuk membantu membersihkan saluran pernafasan di dalam tubuh

Jika terjadi batuk terus menerus akan membuat tubuh merasa semakin sakit. anda menjadi  sulit untuk berkonsentrasi atau fokus dengan tugas, aktifitas sehari – hari. Bahkan saat beristirahat pun akan terganggu hingga istirahat tidak merasa nyaman sesuai dengan yang di inginkan, bahkan bukan hanya itu saja batuk membuat diri kita terkadang merasa kurang percaya diri dan membuat diri malu jika berada di depan umum karena suaranya yang keras.

Ada banyak macam hal yang dapat menyebabkan batuk, termasuk penyebab batuk kering, berikut beberapa hal yang menjadi penyebab batuk kering berkepanjangan yang umumnya terjadi.

  1. Virus

Infeksi yang terjadi dapat berupa flu atau dikenal dengan pilek dapat menyebabkan batuk secara terus menerus pada siapa saja dapat terjadi, termasuk di dalamnya batuk secara terus menerus pada anak – anak dan pada orang – orang dewasa. Ada beberapa kasus batuk dapat hilang sendiri dan ada beberapa kasus batuk tidak mudah hilang dalam waktu yang lama karena penanganan yang tidak tepat dan sesuai karena titik sensitive batuk terus di stimulant oleh infeksi.

  1. Batuk kebiasaan/ Psikogenik

Batuk ini pada umumnya sering terjadi pada anak – anak setelah terjadinya infeksi virus, batuk semakin keras. Batuk yang sering diamati pada siang hari akan tetapi intesitasnya akan berkurang pada saat anak penderita sedang tertidur.

  1. Alergi

Alergi merupakan hal yang sering dialami dan banyak bentuk alergi yang dapat kita alami penyebabnya, seperti alergi debu, serbuk, bau – bauan, udara, dan masih banyak lagi yang menyebabkan anda batuk karena alergi. Untuk seseorang yang batuk karena disebabkan oleh alergi sebaiknya harus menghindari batuk yang menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan ini sangat tidak baik dan akan mebuat keadaan semakin buruk.

  1. Merokok

Merokok atau rokok banyak orang mengenalnya karena dengan merokok dapat menyebabkan batuk kering terlebih orang – orang yang tidak terbiasa dengan rokok. Bukan hanya merokok tapi dekat dengan seorang yang sedang merokok pun jika kita memiliki alergi asap rokok ini akan menyebabkan batuk kering secara terus menerus terlebih untuk seorang perokok aktif. Untuk para perokok dapat menyebabkan batuk yang berkepanjangan dengan dahak sedikit dan sangat disarankan untuk berhenti total atau hanya sementara dalam mengobati batuk karena pada saat anda batuk dan anda merokok makan akan memperburuk keadaan tubuh kita sehingga menjadikan kesehatann rusak.

  1. Bronkitis kronis

Saat terjadi peradangan pada saluran bronchial yang terjadi cukup lama akan menyebabkan batuk kering akan tetapi pada kasus tertentu akan menyebabkan batuk disertai lender atau dahak. Gejala dari penyakit bronchitis ini berupa kemacetan saluran pernafasan sehingga kesulitan bernafas atau mengalami kelelahan pada saluran pernafasan.

  1. Asma

Asma bagian dari batuk kronis yang pada umumnya sering terjadi di malam hari, hal ini dapat diamati dengan membandingkan orang yang memiliki asma tidak terkontrol lagi dengan orang yang batuk biasa. Tubuh seseorang yang terkena batuk yang disebabkan oleh asma akan lebih buruk saat batuk yang dialami terkena dengan udara kering, suhu udara dingin dan uap kimia. Bagi yang terkena asma sebaiknya mengerti hal ini karena dapat mengurangi resiko rasa sakit yang sering dialami dengan beberapa pencegahan yang dapat dilakukan.

  1. Refluks Asam

Refluks asma ini merupakan kondisi dimana aliran asam lambung yang menuju kea rah kerongkongan, kondisi demikian akan menyebabkan spasme pada saluran udara sehingga menyebabkan batuk kering yang berkepanjangan pada pasien / penderita.

  1. Post Nasal Drip

Post nasal drip atau disebut juga dengan sinusitis akan menjadi penyebab mengalami batuk kering karena dalam post nasal drip akan meningkatkan produktifitas lebih besar lender yang dihasilkan dan kecenderungan menetes kea rah bagian kerongkongan sehingga terjadi batuk. Meski dalam post nasal drip mengahasilkan lender yang menetes kea rah tenggorokan akan tetapi kondisi ini tidak membentuk dahak seperti batuk bedahak sehingga batuk ini akan tergolong batuk kering.

  1. Batuk rejan

Gejala dari batuk rejan pada umumnya berupa kondisi demam, bersin – bersin, hidup pilek, batuk kering dan kondisi mata yang berair. Gejala batuk rejan menyebabkan infeksi dan gejala ini akan menjadi lebih buruk hingga batuk sudah sulit dikendalikan lagi oleh tubuh.

  1. Laringitis

Terjadinya laringitis berupa peradangan pada bagian tenggorokan akan menjadi penyebab batuk yang berlangsung secara terus – menerus. Laryngitis akan menyebabkan suara menjadi lemah atau serak, rasa sakit pada tenggorokan dengan adanya rasa gatal di dalam tenggorokan, dan tenggorokan terasa kering.

  1. Obat Ace Inhibitor 

Penggunaan ace inhibitor dalam mengobati penyakit hipertensi dapat menyebabkan batuk kering, karenanya dalam mengobati batuk sebaiknya konsultasikan dengan ahli medis atau dokter untuk menghindari hal – hal yang timbul dan memperburuk keadaan tubuh atau fisik anda.

 

Tags: #batuk #bronkitis #merokok #tbc

Leave a reply "11 Penyebab Batuk Kering Yang Berkepanjangan"

Author: 
    author