Nota Kredit (Pengertian, Contoh, Tujuan, Manfaat)

Nota kredit biasa digunakan dalam hal penjualan atau pembelian barang. Bagi pembeli yang pernah mengalami barang yang di beli rusak/cacat/tidak sesuai dengan pesanan biasanya akan menggunakan dokumen nota kredit ini.

Pengertian Nota Kredit

Nota Kredit atau dalam Bahasa Inggris disebut Credit Note adalah bukti transaksi penerimaan atau pengambilan barang. Fungsi nota ini yaitu sebagai alat persetujuan (pihak penjual) atas permohonan pengurangan harga barang atau jasa (oleh pihak pembeli).

Pengertian nota kredit

Alasannya karena barang atau jasa yang diberikan kepada pembeli ada yang cacat atau mengalami kerusakan (biasanya akibat kesalahan dari pihak penjual).

Dalam hal ini biasanya ada dua lembar nota kredit. Nota lembar pertama akan diberikan kepada pembeli sementara lembar kedua akan disimpan oleh penjual sebagai validasi data.

Bukti transaksi lain :
1. Cek
2. Bilyet Giro
3. Faktur

Tujuan Nota Kredit

Tujuan nota kredit adalah sebagai dokumen tertulis resmi untuk validasi, pengkoreksian, perbaikan kesalahan, dan bukti protes barang yang dikirimkan kepada pembeli.

Hal-hal tersebut di atas dapat dilakukan ketika terjadi ketidakcocokan atara apa yang tertulis dalam nota dan apa yang diterima pembeli. Misalnya kecacatan, kerusakan, pengurangan, atau bahkan kelebihan barang yang diberikan oleh penjual.

Kesimpulannya, nota kredit dapat digunakan sebagai laporan keuangan yang reliabel dan catatan akutansi bisnis bersih dari kesalahan.

Manfaat Nota Kredit

Manfaat-manfaat lain yang diberikan dari nota kredit yang dimaksudkan akan dibahas pada penjelasan di bawah ini.

1. Sarana evaluasi bisnis tertulis yang valid.

Tidak ada bisnis yang sempurna. Semua pasti mengalami proses jatuh dan bangun. Evaluasi bisnis sangat penting dilakukan. Salah satu sarana yang bisa dilakukan yaitu dengan memanfaatkan nota kredit.

Nota tersebut membantu mencatat bagaimana bentuk transaksi barang atau jasa. Baik itu kondisi barang, jumlah barang, dan data lainnya.

Bila dikemudian hari ada ketidakpuasan konsumen karena kondisi barang yang dikirimkan maka bukti dalam nota kredit ini dapat digunakan sebagai rujukan evaluasi. 

2. Mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan (klien).

Faktor utama keberhasilan sebuah bisnis adalah kepuasan pelanggan. Nota kredit dapat dijadikan salah satu sarana mencapai hal tersebut. Pembeli yang tidak puas dengan service yang diberikan penjual akan mengajukan banding.

Kemudian penjual dapat memberikan respon persetujuan tentang hal tersebut secara tertulis dengan memberikan nota ini. Dan sesegera mungkin akan memberikan dispensasi terhadapnya.

3. Sarana penyelamatan bisnis dari kebangkrutan yang mungkin terjadi.

Nota kredit juga dapat digunakan sebagai sarana penyelamatan bisnis dari kemungkinan kebangkrutan karena penjual dapat tahu apa kekurangan mereka dan membuat mereka bekerja lebih baik lagi.

Dengan kata lain nota ini digunakan sebagai sarana peningkatan kinerja bisnis dalam berbagai faktor.

Contoh Nota Kredit 

Pembuatan nota kredit antara satu pembisnis dengan pembisnis lain mungkin ada perbedaan. Namun ada komponen-komponen penting yang harus ada pada nota tersebut. Komponen-komponen yang dimaksudkan adalah sebagai berikut.

  1. Nama barang atau jasa
  2. Kode barang atau jasa (jika ada)
  3. Jumlah barang atau jasa
  4. Harga satuan barang atau jasa
  5. Nomor pesanan
  6. Tanggal
  7. Alamat penjual maupun pembeli
  8. Mekanisme pembayaran

Untuk lebih jelasnya dalam artikel ini menyertakan contoh nota kredit yang dapat Anda jadikan referensi untuk membuat nota kredit bagi bisnis Anda. Nota yang kami jadikan contoh di bawah ini merupakan nota kredit secara umum yang sangat sederhana. Sangat dimungkinkan adanya perbedaan bentuk atau tampilan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. 

contoh nota kredit

Contoh di atas jelas tertulis tentang informasi komponen-komponen penting yang harus ada dalam nota kredit. Mulai dari alamat penjual dan pembeli, data barang yang dituliskan secara lengkap dan terperinci, nomor pesanan hingga mekanisme pembayaran.

Bagi Anda yang ingin menjadikannya referensi dapat merubah susunan bentuk dan format sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Nota kredit merupakan sarana penting bagi pembisnis. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang nota kredit mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, dan contohnya. Selamat berbisnis.

Leave a Comment