9 Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Tubuh

44 views

Manfaat Tidur Siang – Melakukan tidur siang atau istirahat siang dengan tertidur sejenak ternyata memiliki berbagai manfaat untuk tubuh antara lain menghindarkan anda dari penyakit berbahaya. Tidur siang walau hanya dalam waktu 1 jam saja sudah mampu memberikan efek yang sangat baik untuk kesehatan tubuh karena akan mengurangi ketegangan otot – otot setelah bekerja.

Seseorang yang mengabaikan manfaat dari aktifitas tidur siang sebagai istirahat akan lebih mudah lelah dan tubuh menjadi kurang sehat karena kurangnya istirahat untuk tubuh terutama otot – otot setelah bekerja. Memang pada dasarnya kita selalu memiliki kecenderungan berfikir untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat sehingga mengabaikan tidur siang yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Perhatikan beberapa manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh anda.

  1. Meningkatkan daya ingat otak

Hal yang bermanfaat dari tidur siang adalah meningkatkan daya ingat otak, khususnya bagi seseorang yang telah lansia karena daya ingat telah mulai berkurang. Semakin meningkatnya umur seseorang akan menurunkan daya ingat dan akan melupakan memori masa lalu sedikit demi sedikit. Sedangkan untuk anak – anak akan mningkatkan kinerja otak dalam mengingat sehingga dapat meningkatkan kecerdasan, ini sangat penting dilakukan pada anak – anak yang sedang belajar atau seorang pelajar untuk mengingat atau menghafal materi yang telah diajarkan disekolah.

  1. Meningkatkan Kewaspadaan

Disaat siang hari saatnya sangat mengalami lelah khususnya waktu dimana telah selesai makan siang ini akan mengalami kecenderungan mengantuk, saat – saat demikian jika dipaksakan untuk bekerja pun tidak akan mendapat hasil maksimal karenanya luangkan waktu untuk beristirahat tidur siang.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan NASA mengemukakan bahwa tidur siang wakan meningkatkan kewaspadaan meski hanya 40 menit saja mampu meningkatkan kewaspadaan hingga 100%. Meningkatkatnya kewaspadaan akan memberikan hasil yang maksimal dalam bekerja karena ini akan meningkatkan ketelitian seseorang dalam melakukan kesalahan. Dalam penelitian lain tidur siang sangat bermanfaat dan efektif menggantikan kafein 200mg atau melakukan olahraga.

  1. Meningkatkan Mood

Serotin merupakan salah satu zat yang membantu tubuh untuk meningkatkan suasana hati, ketenangan, tidur, termasuk dengan selera. Serotin sangat bermanfaat untuk kesehatan sehingga tidak mudah stress. Kekurangan serotin sangat tidak baik karena anda akan mudah mengalami kecemasan, mudahnya emosi, meningkatnya depresi, tidak dapat mengntrol diri, akan tetapi untuk meningkatkan serotin dalam tubuh dapat di peroleh dengan melakukan tidur siang sehingga akan lebih baik dalam menghadapi masalah yang sedang dihadapi.

  1. Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreativitas

Tidur siang berguna untuk meningkatkan sensorik dan memberikan efek yang sama dengan tidur malam, selain itu kreatifitas akan meningkat sehingga anda akan sangat mudah mendapatkan ide ide yang bagus untuk anda kerjakan, terbukanya wawasan dalam pemikiran anda ini akan sangat bermanfaat dalam bekerja dan membangun usaha.

  1. Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur saat malam hari, hal ini dapat disembuhkan dengan membiasakan diri tidur siang sehingga tidak mengalami gangguan kesehatan. Tubuh yang memerlukan istirahat hingga tidur nyenyak jika tidak dapat terpenuhi atau diabaikan hal ini akan menyebabkan mudahnya kelelahan dalam beraktifitas, mengalami penurunan daya ingat, kesulitan dalam berkonsentrasi, sehingga kinerja tubuh menurun drastic dan kueliatas bekerja akan mengalami penurunan, selain itu akan meningkatkan resiko kecelakaan dalam berkendara tentu ini merupakan hal yang sangat berbahaya, anda dapat mengganti susah tidur dimalam hari dengan tidur siang sehingga mngurangi resiko berbahaya tersebut.

  1. Mengurangi Stress

Stress merupakan permasalahan yang sangat mudah dialami oleh seseorang yang telah mengalami kelelahan yang berlangsung secara terus menerus terutama dalam bekerja yang mendapatkan tekanan dari segala bentuk. Dalam mengahadapi stress perlu adanya istirahat yang cukup di malam hari dan ketenangan dari manfaat yang dihasilkan oleh serotonin di dalam tubuh. Betapapun sibuknya sempatkan tidur siang akan lebih baik untuk mengurangi tingkat stress yang telah dialami sehingga pekerjaan dapat tertata rapih kembali sesuai dengan rencana dan mudahnya mendapatkan ide baru untuk mengembangkan usaha atau kerja anda, selain itu akan dengan tidur siang akan mengurangi tegangan otot otot syaraf yang telah digunakan dalam bekerja sehingga anda lebih rileks dan dapat lebih santai berfikir menyelesaikan pekerjaan.

  1. Mencegah Penyakit Jantung & stroke

Tidur siang mampu mengatasi penyakit yang berbahaya sekalipun untuk meningkatkan kesehatan, pada penderita jantung dan stroke akan meningkatkan kesehatan, selain hal itu untuk orang yang tidak menderita jantung hal ini dapat menurunkan resiko terkena jantung. Pada saat mata merasakan kantuk jantung akan lebih berdebar dengan cepat sehingga anda membutuhkan kopi untuk menstimulasi atau merangsang rasa kantuk menjadi hilang hal ini justru akan berakibat buruk untuk kesehatan lebih baik saat siang hari jika anda merasakan kantuk demikian berhenti bekerja dan tidurlah setidaknya 20 menit untuk mengurangi terkena penyakit jantung dan stroke yang mudah diderita pada umumnya.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Korsitol merupakan hormone stress yang akan memberikan efek yang tidak baik jika berlebihan. Saat seseorang mengalami kurangnya tidur hormone korsitol akan mengalami peningkatan yang drastic sehingga meningkatkan lemak dalam perut dan intoleransi glukosa yang dapat melemahkan system pada otot otot, hal ini juga dapat menyebabkan kekebalan tubuh akan menjadi menurun. Hal yang harus dilakukan adalah meningkatkan produksi hormone tertosteron dan hormone pertumbuhan agar keseimbangan hormon menjadi stabil. Jika anda mengalami kelebihan hormone korsitol akan menjadi penyebab terjadinya penyakit diabetes dan penyakit jantung yang bersiko merenggut nyawa sehingga anda harus benar – benar memperhatikan dengan baik agar tidak berdampak buruk pada tubuh anda.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Produktifitas sangat dipengaruhi oleh berbagai hal termasuk di dalamnya kesehatan tubuh anda, produktifitas dalam kerja sangat penting dan harus selalu ditingkatkan untuk memberikan hasil yang maksimal mulai dari dengan menjaga tidur siang anda agar pemikiran dan ide ide baru terus muncul dan berkembang.

 

Tags: #insomnia #kreativitas #stress #tidur

Leave a reply "9 Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Tubuh"

Author: 
    author