10 Manfaat Kurma Muda

10 Manfaat Kurma Muda
5 (100%) 5 vote[s]
manfaat kurma muda untuk kesehatan

Manfaat kurma muda РKurma muda atau ruthob biasanya berwarna kuning kehijauan, hijau, kuning dan merah. Walaupun tidak berasal dari Indonesia, tetapi buah kurma ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia.

Buah kurma ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya buah kurma dapat membuat orang yang memakannnya bertahan dari lapar cukup lama, karena buah kurma ini kaya akan dengan serat. Untuk mendapatkan buah kurma muda ini di Indoesia terbilang cukup sulit, karena buah ini merupakan jenis kurma segar yang membuatnya tidak dapat bertahan lama. Hanya mampu bertahan beberapa hari setelah di petik dari pohonnya.

Phoenix Dactylifera merupakan nama latin dari kurma, termasuk dalam tanaman Arecaceae atau bisa di sebut dengan palma. Pohon yang diperkiraka berasal dari Teluk Perisa ini mempunyai tinggi pohon 15-25 meter yang tumbuh secara tunggal atau berkelompok dan berasal dari sistem akar tunggal. Pohon kurma adalah salah satu tanaman yang sangat mudah di jumpai di Timur Tengah kebanyakan di jazirah Arab, Iraq, Afrika Utara sampai Maroko yang terutama negara Islam.

Untuk mendapatkan buah kurma yang baik dan berkualitas tinggi, biasanya buah kurma harus ditipiskan dan di tutup agar terhindar dari hama dan cuaca sehingga kurma muda untuk kesuburan maksimal hasilnya.

Kurma muda di bagi menjadi tiga jenis yaitu kurma muda merah, kurma muda kuning dan kurma muda hijau. Kurma ini mengandung bayak kandungan nutrisi bagi tubuh. Diantaranya zat besi, klorida, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan vitamin K. Buah ini pun memiliki hormon biostin dan neurohipofisa yang bekerja seperti oksitosin. Sehingga banyak manfaat yang di dapatkan dari kurma muda. Selanjutnya akan di bahas mengenai kurma muda untuk kesuburan.

Kurma muda memiliki bentuk yang lebih kecil dari kurma pada umumnya dan rasanya agak terasa sepat. Berikut ini manfaat mengonsumsi kurma muda bagi kesehatan:

1. Manfaat Kurma Muda Meredakan sembelit

Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar . Inilah mengapa kurma muda sering dimakan oleh orang-orang yang menderita sembelit. Untuk meredakan sembelit dengan kurma, rendam beberapa kurma dalam air semalam. Kemudian konsumsi di pagi hari. Diminum bersama airnya lebih baik. Kurma memiliki tingkat serat larut yang tinggi, yang bisa menciptakan gerakan usus yang sehat dan melancarkan makanan dalam saluran usus. Semua hal ini dapat meredekan gejala sembelit.

2. Memperkuat Tulang dan Gigi

Banyaknya mineral yang ada pada kurma muda membuatnya baik untuk memperkuat tulang dan melemahkan penyakit seperti osteoporosis. Buah ini mengandung selenium, mangan, tembaga dan magnesium, yang semuanya merupakan bermanfaat dari perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat. 

3. Mengobati Gangguan Usus

Kandungan nikotin dalam kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan usus. Asupan rutin membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis. Sehingga, kurma membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus. Kurma muda mengandung serat larut, serta banyak asam amino bermanfaat yang dapat merangsang pencernaan makanan dan membuatnya lebih efisien. Sehingga lebih banyak nutrisi akan diserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke tubuh.

4. Manfaat Kurma Muda Mengatasi Anemia

manfaat kurma muda untuk kesehatan

Kurma juga dapat menjadi suplemen zat besi karena mengandung 0,90 milligram atau 100 gram per buah (sekitar 11 persen AKG). Mereka yang mengeluhkan kekurangan zat besi, lelah dan lesu, dapat mengonsumsi buah ini. Ini karena besi menjadi komponen hemoglobin dalam sel darah merah dan menentukan kapasitas oksigen pembawa darah.

5. Menyembuhkan Alergi

Salah satu manfaat kurma dapat mengurangi reaksi alergi. Hal ini karena, buah kuno yang telah ada sejak abad ke-5 sebelum Masehi ini mengandung sulfur organik. Sebuah penelitian mengungkap, senyawa sulfur organik berdampak positif pada sekitar 23 juta orang di Amerika yang menderita alergi musiman. Menurut sebuah penelitian tahun 2002, senyawa organik sulfur berefek positif pada jumlah penderitaan yang dialami penderita SAR (Rhinitis Alergi Musiman). Sehingga kurma adalah cara yang bagus untuk membendung efek dari alergi musiman karena kandungan belerangnya.

6. Meningkatkan Energi

Kurma mengandung gula alami. Oleh karena itu, kurma adalah camilan sempurna untuk memasok energi. Sebagian orang di dunia memakan kurma pada sore hari untuk mengurangi rasa lelah. Seringkali ketika Anda berolahraga di gym, di luar atau bahkan di mesin peregangan di rumah, Anda merasa lelah. Mengunyah beberapa kurma pada waktu itu akan membantu Anda mendapatkan kembali energi Anda dengan segera.

7. Menjaga Kesehatan Otak dan Sistem Saraf

Vitamin pada kurma muda membuatnya berkhasiat untuk kesehatan dan fungsi sistem saraf. Kalium merupakan zat yang berguna bagi kesehatan respons sistem saraf. Sehigga dapat juga meningkatkan kecepatan dan kesigapan fungsi otak. Oleh karena itu, kurma adalah makanan yang baik untuk orang yang usianya tua dan sudah mengalamai penuruan daya otak. Selain itu juga bagus bagi yang ingin menjaga otaknya agar tetap tajam.

8. Manfaat Kurma Muda Mendukung Kesehatan Jantung

Kurma muda membantu menjaga jantung Anda sehat. Ketika direndam semalaman, lalu dihancurkan di pagi hari dan kemudian dikonsumsi, kurma telah terbukti memiliki efek positif pada jantung yang lemah . Kurma juga kaya akan kalium, yang telah terbukti mengurangi risiko stroke yang dan penyakit berhubungan jantung lainnya. Kurma juga direkomendasikan untuk mengurangi kadar kolesterol LDL tubuh, yang merupakan faktor utama terhadap serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, ketika diminum 2x seminggu, kurma dapat sangat mememelihara kesehatan jantung secara keseluruhan.

9. Mengatasi keracunan

Kurma biasanya digunakan sebagai obat untuk keracunan alkohol. Kurma juga dapat digunakan pada pagi hari berikutnya untuk mencegah hangover yang parah . Sekali lagi, kurma muda harus digosok dan direndam semalam untuk hasil terbaik.

10. Mengatasi Diare

Kurma mengandung potasium, yang dikenal efektif dalam mengentrol diare. Kurma juga mudah untuk dicerna, sehingga membantu meringankan sifat diare kronis. Serat larut di dalamnya juga dapat membantu meringankan diare, dan meningkatkan fungsi sistem ekskresi yang normal dan sehat.

Seperti yang dilansir:

ginanjarherbal.com/kurma-muda-untuk-kesuburan

Leave a Comment

%d bloggers like this: