10 Contoh Seni Tari Tradisional dan Modern

Seni Tari, salah satu kesenian yang digemari banyak orang. Perpaduan antara gerak dan irama membuat penonton tak jemu-jemu melihatnya. Ada dua jenis seni tari yaitu seni tari tradisional dan modern.

Dalam artikel ini akan membahas tentang perbedaan keduanya, mulai dari pengertian hingga contoh seni tari tradisional dan modern, simak pembahasan di bawah ini ya.

Contoh Seni Tari Tradisional

Contoh Seni Tari tradisional

Seni tari tradisional merupakan sebuah karya seni yang dimiliki oleh suatu daerah. Biasanya merupakan hasil dari implementasi kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Di negara kita Indonesia memiliki banyak sekali seni tari tradisional. Apa saja contoh seni tari tradisional dari Indonesia?

1. Tari Kecak

Tari Kecak, sebuah tarian asli Pulau Dewata ini kebanyakan dimainkan oleh para lelaki. Tarian ini menceritakan tentang kisah cinta Rama dan Sinta atau yang lebih dikenal dengan Ramayana.

Diciptakan oleh Wayan Rimbak, tarian ini dipentaskan tanpa iringan musik. Biasanya para pemain akan berkata “cak cak cak cak” secara bergantian dan berirama. Suara itulah yang menggantikan alat musik.

2. Tari Reog Ponorogo

Tarian yang kental dengan unsur mistis ini asli berasal dari Jawa Timur tepatnya di Kota Ponorogo ya Tari Reog Ponorogo namanya.

Dua tokoh utama yang diperankan dalam tarian ini adalah Warak dan Gemblak yang sejatinya merupakan icon Kota Ponorogo itu sendiri. Kedua tokoh utama diperankan oleh orang yang menggunakan topeng berkepala singa dan bulu merak.

3. Tari Jaipong

Tarian energik asal Jawa Barat ini sudah dipentaskan hingga luar negeri. Tarian yang dimainkan oleh penari wanita ini khas dengan gerakannya yang tegas dan lincah. Tarian ini biasanya dipertontonkan sebagai tarian penyambutan tamu, hiburan warga, dan acara adat lainnya.

4. Tari Saman

Saman, contoh tari tradisional asal Aceh ini kental dengan unsur melayunya. Mulai dari kostum hingga lagu pengiringnya. Tarian ini merupakan tarian yang menuntut kekompakan para penarinya. Ya merupakan tarian kelompok yang memang tidak bisa dimainkan oleh seorang diri saja.

5. Tari Selamat Datang

Papua, Pulau yang terkenal kaya dengan tambang emasnya ini memiliki tarian penyambutan yang cantik dan unik. Tarian yang dimaksud adalah Tarian Selamat Datang. Seperti namanya, tarian ini digunakan khusus untuk menyambut para tamu terhormat seperti pejabat setempat atau pejabat negara.

Kelima contoh seni tari tradisional di atas hanyalah sebagian kecil dari seni tari yang Indonesia miliki.

Masih banyak seni tari lainnya karena hampir setiap daerah di Indonesia memiliki tarian khas yang menjadi ciri di daerahnya.

Baca : 34 Nama Tarian Tradisional di Indonesia

Contoh Seni Tari Modern

Contoh Seni Tari modern

Berbeda dengan seni tari tradisional yang berkembang di masa lampau dan diturunkan secara turun-temurun di suatu daerah tertentu.

Seni tari modern berkembang di masa kini. Kebanyakan seni tari modern berasal dari luar negeri terutama negara barat. Berikut contoh seni tari modern yang pernah digandrungi oleh anak muda Indonesia.

1. Breakdance

Tari modern breakdance ini terkenal dengan gerakannya yang energik dan cepat. Tarian yang berasal dari Amerika ini biasanya disukai oleh anak muda. Sayangnya banyak orang dewasa yang tidak mendukung anak mereka menari tarian ini karena tarian ini identik dengan anak nakal yang suka memakai tindik atau anting di hidung dan lidah.

Memiliki nama lain breaking, b-boying, dan b-girling ini awalnya merupakan bagian dari tari Hip Hop. Namun seiring berkembangnya jaman tarian ini ternyata lebih disukai. Memiliki gerakan yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu toprock, downrock, dan power move. 

Toprock merupakan tarian awalan yang juga merupakan pemanasan. Kemudian downrock, gerakan ini condong ke arah bawah dengan kombinasi tangan dan kaki yang cepat. Dan yang terakhir power move, bisa dibilang gerakan yang membutuhkan energy paling banyak karena lebih menggunakan tangan pada pergerakannya.

2. R&B

Rhythm and Blue merupakan kepanjangan dari R&B yang awalnya ini merupakan genre musik yang berasal dari Amerika. Berkembang pada tahun 1948 dan didominasi oleh orang berkulit hitam.

Seiring berkembangnya jaman orang mendengarkan musik genre R&B sambil menari. Tarian itulah yang kini dikenal dengan tari modern R&B.

3. Sexy Dance

Sesuai dengan namanya, sexy dance menuntut pemainnya melakukan gerakan yang seksi. Lebih menonjolkan sisi sensualitas kebanyakan para penarinya merupakan kaum hawa.

Meskipun begitu tak menutup kemungkinan kaum adam juga menarikannya. Tarian ini biasanya digunakan sebagai pengiring video clip musik ataupun live musik. 

4. Hip Hop

Contoh seni tari modern lainnya adalah Hip Hop. Hip Hop berkembang pada tahun 1970 tepatnya di Benua Amerika. Tarian ini sangat identik dengan musik rap, DJ dan beatbox. Selain tarian, Hip Hop juga terkenal dengan genre musiknya yang kini digunakan sebagai pengiring tarian Hip Hop itu sendiri.

5. Street Dance

Lagi-lagi di Amerika, Street dance atau tarian jalanan ini mulai berkembang. Tarian ini dulunya sering dilakukan di jalanan Kota New York. Ide munculnya tarian jalanan ini adalah rasa tertekan dan protes anak muda yang hanya bisa menari di sebuah studio atau ruangan tari tertentu. Bagi mereka yang tidak memiliki ruangan untuk menari akhirnya memilih untuk menari di jalanan kota.

Tari tradisional maupun tari modern boleh dilakukan selama disertai dengan niat baik. Beberapa contoh di atas dapat menjadi contoh seni tari, bagi anda yang sedang ingin mencoba menari. Semoga bermanfaat, selamat menari dan meluapkan ekpresi dengan tarian.

Leave a Comment