Cara Merawat Rambut Dengan Bahan Tradisional

66 views

Cara Merawat Rambut Secara Alami – Rambut sehat merupakan impian semua orang. Agar terlihat lebih menarik terlebih rambut sehat dan berkilau. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam penampilan. Kilau dan sehat pada rambut merupakan tujuan untuk yang ingin dicapai. Demi mendapatkan itu semua perempuan rela mengeluarkan uang lebih. Mendambakan rambut seperti para model yang di kagumi.

Salon menjagi alternatif perawatan. Perawatan yang dilakukan di salon tidaklah dapat maksimal. Pemenuhan nutrisi untuk rambut harus dipenuhi dengan baik. Perlu anda ketahui pembuatan produk yang di lakukan di salon dapat kita buat sendiri.

Salon hanya menggunakan produk yang telah di beli dari para produsen yang membuat produk kecantikan. Menggunakan perawatan disalon membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong. Melakukan perawatan di salon tidaklah selalu sesuai dengan keinginan kita.

Dari permasalahan yang dialami oleh rambut kami menyajikan artikel dalam merawat rambut secara alami. Perawatan yang alami dapat menghemat beberapa faktor. Faktor diantaranya waktu, keuangan dan tenaga. Membuat produk yang digunakan untuk perawatan rambut tidaklah begitu sulit, karena menggunakan bahan yang ada lingkungan kita. Penggunaan bahan alami yang mudah di dapat ini akan membuat kita lebih terjaga dari bahan kimia produk kecantikan.

Berikut ini kami sajikan beberapa tips dalam merawat rambut dengan bahan alami yang dapat dijadikan referensi. Silahkan baca dan praktekkan sesuai keinginan kalian dengan bahan yang ada di lingkungan.

Cara merawat rambut rusak agar kembali sehat secara alami

Beberapa cara untuk merawat rambut rusak secara alami adalah:

  1. Lidah Buaya dan Buah Alpukat

Penggunaan lidah buaya sudah tidak asing lagi untuk dijadikan sebagai bahan perawatan rambut. Lidah buaya yang mudah di dapat dari lingkungan ini ditambahkan dengan alpukat.

Bagaimana pembuatannya dengan cara menggunakan bagian dalam lidah buaya dan alpukat?

  1. Hancurkan kedua bahan menjadi satu dengan blender dan
  2. ratakan pada rambut kepala,
  3. Kedua bahan ini di gunakan setiap 2 sampai 3 minggu sekali.

Mencampurkan lidah buaya dan alpukat dapat kita gunakan sebagai shampo buatan kita secara alami. Hasil dari mencampurkan kedua bahan dari buah ini memberikan kesehatan rambut lebih berkilau dan bercahaya.

  1. Jus Daun Seledri

Daun ini sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Dengan cara membuat jus dari bahan daun seledri kemudian tiriskan selama semalam untuk digunakan di pagi hari.

  1. Pemakaian jus daun seledri dilakukan dengan mengoleskan pada rambut.
  2. Penggunaan jus daun seledri ini selama kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit.
  3. Setelah semua selesai dengan baik baru dilakukan pembilasan.

Buat dan gunakan jus seledri ini setiap 2 minggu sekali sebagai perawatan rutin di rumah.

Cara merawat rambut bercabang

  1. Cuka dari Sari Apel & Air Hangat

Sari dari cuka apel dapat digunakan sebagai alternatif perawatan rambut. Mencampurkan cuka dari sari apel dengan air hangat sangat bermanfaat menjaga kesehatan rambut. Perawatan yang dilakukan di rumah pun menjadi lebih mudah dilakukan dengan bahan yang kita miliki. Cuka dari sari apel yang di campurkan dengan air hangat memberikan hasil rambut menjadi lebih mengembang.

  1. Pembuatan sari cuka ini dengan perbandingan 1 : 1 dalam penggunaan bahan.
  2. Basahkan rambut dengan campuran bahan yang telah di buat selama 15 menit.
  3. Jika telah selesai dengan baik baru lakukan pembilasan dengan air bersih.

Usahakan buat bahan gunakan sekali dalam pemakaian dan buat kembali jika mau menggunakan dengan bahan yang baru.

  1. Jus Lemon

Memang pada umumnya jus lemon digunakan hanya sebagai minuman untuk dikonsumsi bukan perwatan rambut. Tidak banyak orang mengetahui hal ini. Selain memberikan kesehatan tubuh jus lemon digunakan sebagai treatment perawatan rambut terutama rambut kusam.

Penerapannya setelah dilakukan pembilasan keramas oleskan jus lemon anda pada rambut selama 10 menit barulah dibilas kembali hingga bersih tanpa sisa.

Cara merawat rambut kering dan mengembang

  1. Minyak Almond

Rambut kusam dan kering menyebabkan rambut sangat rapuh. Untuk mengatasi keadaan seperti ini minyak almond dapat digunakan karena bermanfaat sebagai vitamin rambut.

Cara menggunakan minyak almond sangatlah mudah dan sederhana:

  1. Cukup tuangkan minyak almond tersebut pada sebuah mangkuk
  2. kemudian panaskan selama 40 menit lebih
  3. lalu oleskan secara merata pada rambut.
  4. minyak almond yang telah dioleskan biarkan beberapa menit atau selama 15 sampai 30 menit.

Agar lebih maksimal selanjutnya  rambut bisa dibilas memakai Shampo dan Conditioner.

  1. Jus buah Labu Botol

Blender potongan kecil – kecil dari buah labu yang telah disiapkan seperti jus kemudian oleskan secara merata pada rambut dan diamkan selama 30 menit agar dapat meresap sampai bagian dalam kulit. Setelah mencapai 30 menit lakukan pembilasan pada rambut anda dengan air sampai bersih atau dapat ditambahkan shampoo untuk membilasnya.

  1. Baking Soda

Backing soda bukan hanya digunakan dalam proses pembuatan kue akan. Baking soda dapat digunakan untuk merawat rambut dan tergolong perawatan alami.

Larutkan 3 sendok backing soda kedalam air. Larutan backing soda di gunakan untuk membilas rambut. backing soda berfungsi sebagai pembersih atau cleaner dari bahan kimia atau shampoo yang ada di rambut.

Cara merawat rambut rontok

  1. Merapikan Rambut

Rambut bercabang berasal adalah gangguan kesehatan pada rambut. Penampilan yang tidak menarik akibat rambut kusam memperburuk penampilan.

Rambut bercabang harus segera dilakukan perawatan dengan baik dan tepat agar kerusakan akibat rambut bercabang tidak menjadi lebih buruk.

Cukup memotong sedikit pada bagian ujung rambut secara rutin setidaknya tiga bulan satu kali agar tidak menimbulkan rambut bercabang. Selain itu agar bentuk rambut tetap terjaga dan teratur.

Perlu dipahami bukan hanya itu saja sinar ultraviolet berlebihan juga dapat menyebabkan rambut bercabang dan jika anda ingin melakukan aktifitas terutama aktfitas diluar ruangan yang terkena matahari secara langsung usahakan menggunkan serum mengandung keratin untuk menjaga kesehatan rambut anda.

  1. Menyisir rambut yang benar

Menyisir rambut merupakan kebiasaan setiap hari terutama setelah mandi akan tetapi saat melakukan penyisiran rambut harus memperhatikan arah gerakan menyisir dimulai dari bagian rambut bawah sampai ke bagian atas, karena bermanfaat untuk mengurangi kerontokan dan usahakan jangan menggunakan sisir berbahan plastic karena dapat menghantarkan arus listrik statis.

  1. Konsumsi Makanan Yang Sehat

Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, seperti madu asli, rambut anda mendapatkan nutrisi sesuai yang dibutuhkan. Usahakan mengkonsumsi makanan – makanan sehat dan lebih memperbanyak minum air putih, konsumsi buah buahan dan sayur untuk keshatan dan nutrisi rambut.

 

Tags: #rambut

Leave a reply "Cara Merawat Rambut Dengan Bahan Tradisional"

Author: 
    author
    No related post!