8 Cara Mengelola Keuangan Pribadi Dengan Gaji Pas Pasan

8 Cara Mengelola Keuangan Pribadi Dengan Gaji Pas Pasan
5 (100%) 6 vote[s]

Manajemen uang yang buruk. Kedengarannya buruk dan Anda mungkin tidak ingin melakukan apa pun dengannya.

Namun, sebagian besar orang Indonesia tidak mengelola uang mereka dengan benar. Beberapa sumber melaporkan bahwa orang Amerika sangat buruk dalam hal keuangan mereka dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya.

Namun, ada harapan bagi Anda jika Anda berada di antara kelompok ini.

Ada beberapa strategi teruji dan teruji yang dapat Anda pelajari bagaimana cara mengelola keuangan dengan cara yang benar.

Mari lihat.

Memiliki rencana pengelolaan uang yang baik dapat menjadi cahaya di ujung terowongan bagi orang-orang yang berusaha mendapatkan kehidupan finansial mereka secara teratur.

Jika Anda seperti saya dan memiliki beberapa rekening bank, kartu kredit, IRA, dan sejenisnya, sering kali mendapatkan pegangan dan memahami sepenuhnya keadaan keuangan pribadi Anda mungkin tampak menakutkan dan perjuangan yang berat.

Tetapi jika Anda tidak mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjadi terorganisir dan benar-benar mempelajari cara-cara untuk cara mengelola keuangan Anda dengan lebih baik, Anda akan merasa seperti berenang melawan arus.

Mengelola uang Anda — seperti apa pun — membutuhkan waktu untuk memahami dan meningkatkannya. Dan untuk menguasainya, dibutuhkan juga komitmen dan pemahaman yang kuat tentang situasi keuangan Anda. Ini adalah langkah pertama dalam manajemen uang yang efektif.

Semua orang dan siapa saja yang pernah mengendalikan keuangan mereka mengalami hal ini; dan mengatur kehidupan finansial Anda, cepat dan lambat, adalah yang terpenting.

Berikut adalah 10 langkah mendasar untuk membantu Anda mengelola uang Anda dengan cara yang benar:

1. Buat anggaran

cara mengelola keuangan dengan gaji 2 juta


Hal pertama yang pertama: buat anggaran jika Anda belum melakukannya. Apakah itu perlu? Apakah wiper kaca depan perlu dalam hujan? Percayalah, kamu butuh satu.

Membuat dan tetap berpegang pada anggaran mungkin tampak agak sulit untuk dicapai pada awalnya, tetapi pada akhirnya membuahkan hasil (tidak ada permainan kata pun). Penganggaran membantu kami melihat dengan jelas dan transparansi penuh situasi keuangan kami dan ini yang paling penting untuk cara mengelola uang Anda dengan lebih baik.

Ini adalah langkah pertama untuk membantu kami melunasi hutang dan mulai menabung untuk pengeluaran masa depan seperti hipotek, mobil, dan pensiun Anda. Inilah yang akan membawa keseimbangan bagi kehidupan finansial Anda dan memberi Anda ketenangan pikiran.

Untuk memulai, Anda perlu memahami pengeluaran dan penghasilan Anda untuk cara mengelola uang Anda dengan lebih baik. Ini dibahas dalam 2 langkah berikut:

Pahami pengeluaran Anda

Tanyakan siapa pun yang berada di atas kepala mereka untuk memberi tahu Anda berapa banyak mereka menghabiskan sebulan untuk semuanya dan mereka mungkin tidak dapat melakukannya. Ini tidak jarang.

Banyak orang yang sebenarnya tidak tahu jumlah total pengeluaran yang mereka hasilkan pada bulan tertentu. Ini adalah masalah tetapi ada solusi mudah untuk itu. Ini dia: selama satu bulan, catat semua pengeluaran Anda.

Ambil semua kwitansi Anda (belanjaan, tagihan restoran, utilitas, dll.) Dan lihat laporan bank Anda dan tambahkan semua pengeluaran Anda. Ingatlah untuk melacak pengeluaran yang dibayar dengan uang tunai serta kartu kredit.

Idenya adalah untuk membuat semua pengeluaran Anda (baik variabel dan tetap) dicatat untuk mendapatkan jumlah total. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat keseluruhan gambar dan tahu bagaimana mengelola pengeluaran Anda di masa mendatang. Anda juga ingin membandingkan kinerja historis Anda dari waktu ke waktu.

Pahami penghasilan Anda

Tanyakan siapa pun yang berada di atas kepala mereka untuk memberi tahu Anda berapa banyak mereka menghasilkan sebulan dan meskipun mereka mungkin tidak akan memberi tahu Anda, secara internal mereka tahu. Ini adalah perbedaan antara pendapatan dan pengeluaran, kebanyakan orang tahu pendapatan bulanan penuh mereka tetapi memiliki sedikit pengetahuan tentang pengeluaran bulanan penuh mereka.

Meskipun demikian, intinya adalah untuk mencari tahu total pengeluaran Anda dan kurangi dari total penghasilan Anda untuk bulan yang bersangkutan. Berikut adalah bagaimana hasil harus berjalan:

Jika Anda berakhir dengan angka negatif, ini berarti Anda menghabiskan lebih banyak dari yang Anda hasilkan. Tindakan yang harus diambil? Kurangi pengeluaran dan pengeluaran Anda hingga totalnya mencapai nol.

Jika Anda berakhir dengan angka positif, ini bagus (lima tinggi!) Dan berarti Anda mengeluarkan lebih sedikit dari yang Anda hasilkan. Tindakan yang harus diambil? Anda dapat meningkatkan pembayaran hutang Anda atau meningkatkan tabungan Anda.

Setelah Anda memahami pengeluaran dan pendapatan Anda dan memiliki pemahaman yang kuat tentang uang yang masuk dan keluar dari hidup Anda, saatnya untuk mengambil beberapa langkah tambahan untuk cara mengelola uang Anda dengan sebaik-baiknya.

2. Konsolidasikan hutang Anda

Hutang, kata yang ditakuti. Tidak ada yang suka hutang. Tidak ada Dan kebanyakan orang yang membutuhkan bantuan cara mengelola uang sebenarnya membutuhkan bantuan untuk keluar dari hutang. Terdengar akrab? Jika Anda seperti mayoritas orang Amerika (~ 80%), kemungkinan besar Anda memiliki hutang.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengendalikannya dan berusaha menyingkirkannya. Jika Anda memiliki hutang kartu kredit, pinjaman pelajar, dan hutang lainnya; mencari untuk mengkonsolidasikan mereka dan mencoba untuk mendapatkan tingkat bunga serendah mungkin.

Sekali lagi, ini semua tentang mengambil langkah yang tepat untuk mengendalikan uang Anda. Ada beberapa opsi di luar sana yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa hutang tanpa jaminan seperti kartu kredit, pinjaman pribadi, dan pinjaman hari bayaran, ke dalam satu tagihan daripada membayar secara individual.

Jika Anda hanya memiliki hutang kartu kredit tunggal dan memiliki anggaran yang ketat, cobalah membayar setidaknya jumlah minimum segera setelah Anda mendapatkan tagihan kartu kredit. Kemudian, jika keuangan Anda mengizinkannya, dan Anda mendapat lebih banyak uang, cobalah untuk melakukan pembayaran yang sama beberapa minggu kemudian.

Coba teruskan siklus pembayaran ini sampai utang Anda lunas sepenuhnya.

3. Memangkas atau menghapus biaya yang tidak perlu

Penggemar besar Starbucks? Jika Anda membeli Venti Caffe Latte setiap hari (sama lezatnya) sekitar $ 4 dari dompet Anda. Lipat gandakan dan Anda bisa menghabiskan sekitar $ 1.400 setahun hanya untuk itu. Mungkin, mungkin saja, pertimbangkan untuk membuat campuran Anda sendiri di rumah untuk mencubit uang itu?

Membayar untuk keanggotaan gym tetapi melakukan yoga di halaman belakang Anda? Batalkan. Pikirkan panjang dan keras tentang keanggotaan, langganan, akun lain yang Anda bayar tetapi bisa hidup tanpanya.

Ingat, idenya adalah belajar bagaimana cara mengelola keuangan Anda dengan lebih baik dengan memperhitungkan segala sesuatu dan setiap sen.

Jadi, lakukan pembersihan musim semi dan memotong biaya di mana pun Anda melihat peluang dan terutama jika itu adalah sesuatu yang tidak mempengaruhi hidup Anda secara luas.

4. Buat dana darurat

Sebelum terjadi dan ada baiknya dipersiapkan. Dana darurat adalah bagian penting dari rencana keuangan pribadi yang sehat.

Dalam hampir semua kasus, Anda tidak boleh menyentuh atau mengambil uang dari dana, melainkan, membiarkannya duduk di sana dan menghasilkan bunga. Jika Anda kehilangan pekerjaan atau pengeluaran yang tidak menguntungkan atau tidak terduga – seperti mobil Anda mogok atau pohon tumbang di atap Anda – inilah saatnya Anda harus memanfaatkannya.

5. Hemat 10 hingga 15 persen untuk masa pensiun

Saya tahu itu jauh, tetapi jika Anda ingin menghirup margarita di Miami di bawah payung matahari, semakin cepat Anda mulai menabung untuk masa pensiun, semakin baik Anda di tahun-tahun emas Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan target tabungan — target yang memberi tahu Anda berapa banyak yang harus Anda sisihkan dari waktu ke waktu untuk memenuhi tujuan pensiun Anda yang akan memungkinkan Anda menjalani gaya hidup yang Anda impikan.

Katakanlah Anda berusia 21 tahun dan tidak memiliki apa pun yang dihemat tetapi baru saja ditawari pekerjaan dengan membayar $ 40.000 setahun. Jika Anda menyimpan 10% dari pendapatan Anda setiap tahun maka pada usia pensiun 67 tahun, Anda akan memiliki $ 2,5 juta yang dihemat! Cha-ching!

Jika Anda membutuhkan kalkulator untuk menjalankan nomor Anda sendiri, periksa yang ini.

6. Tinjau dan pahami laporan kredit Anda

cara mengelola keuangan pribadi dengan gaji 5 juta

Mengapa laporan kredit begitu penting? Karena mereka adalah.

Laporan kredit adalah angka kira-kira antara 150 dan 900 yang berfungsi sebagai skor / peringkat yang menjadi faktor dalam pinjaman Anda saat ini dan sebelumnya, kartu kredit, hipotek, dan utang lain yang dilaporkan. (Baca ; jenis jenis kredit )

Ini berfungsi untuk menentukan seberapa layak Anda kredit dan skor ini memiliki dampak langsung pada kemampuan pinjaman Anda di masa depan. Penting bagi Anda untuk meninjau dan memahami laporan kredit Anda untuk memastikan ia memiliki semua informasi Anda yang diperbarui dan untuk mengidentifikasi kemungkinan kesalahan (Diperkirakan bahwa 2-3% laporan berisi beberapa kesalahan yang dapat memengaruhi skor keseluruhan Anda).

Jika Anda ingin mendapatkan skor kredit yang besar, pertahankan saldo kartu kredit Anda rendah dan berusahalah untuk melunasi hutang Anda alih-alih memindahkannya dari satu akun ke akun lainnya.

7. Gunakan alat atau aplikasi keuangan pribadi

Keuangan Anda sudah rumit, mari kita buat tidak rumit.

Bagaimana?

Mulailah dengan mengikuti perkembangan zaman dan singkirkan sempoa atau kalkulator Casio Anda. Ada alat baru dan gratis di luar sana yang akan menunjukkan kepada Anda cara untuk mengelola uang serta melakukan semua pekerjaan penganggaran dan komputasi keras.

Banyak alat seperti Quicken for Windows atau aplikasi pengatur keuangan untuk android gratis akan memungkinkan Anda untuk mengkonsolidasikan, mengelola, dan mengendalikan uang Anda dengan aman di satu tempat.

Dengan MoneyStrands Anda bisa mendapatkan akses ke semua saldo akun Anda, transaksi keuangan, kebiasaan belanja dan anggaran, dan mengambil semua informasi itu untuk mulai membuat keputusan yang lebih cerdas dan mencapai tujuan keuangan Anda.

8. Ikuti seminar sumber daya manajemen uang

cara mengelola keuangan dengan efektif


Pengetahuan adalah kekuatan. Setiap guru keuangan yang kita kenal sekarang mulai seperti Anda dan saya. Mereka hanya terus belajar dan mendidik diri mereka sendiri dan mengubah gairah mereka menjadi profesi mereka.

Pro keuangan dapat memberi Anda beberapa saran yang sangat dibutuhkan tentang cara mengelola uang tunai Anda dengan cara yang benar, serta beberapa kisah yang menginspirasi untuk membuat Anda fokus menjadi versi terbaik diri Anda dalam hal menghancurkannya secara finansial.

Kuncinya ketika meneliti ahli mana yang harus diikuti adalah memperhatikan dengan cermat apa yang mereka katakan, menyerapnya, dan hanya mengambil nasihat atau bimbingan yang benar-benar dapat membantu kasus Anda.

Beberapa jargon keuangan mereka mungkin keluar dari liga Anda, jadi lihatlah lebih banyak untuk kernel kebijaksanaan yang mungkin berlaku untuk Anda dan milik Anda.

Secara keseluruhan, tetap terinformasi dengan baik, praktikkan manajemen keuangan yang baik, dan mungkin suatu hari Anda akan menjadi guru keuangan pribadi berikutnya dan memiliki ribuan, jika tidak jutaan, orang yang membagikan konten Anda dan mencari keahlian Anda tentang cara terbaik untuk mengelola uang Anda. Apa pun mungkin.

Mampu mengelola uang Anda secara efektif akan membuat hidup

Categories Tips

Leave a Comment