Cara Membuat Masker Madu

Rate this post

Madu memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah. Oleh sebab itu, banyak yang memanfaatkannya sebagai perawatan yang alami. Terlebih cara membuat masker madu sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga.

Cara Membuat Masker Madu

Jika Anda tertarik menggunakan masker madu, maka ada beberapa cara pengolahan yang bisa dipraktekkan dengan mudah. Pilihlah campuran bahan yang sesuai dengan fungsi yang diinginkan pada wajah, seperti berikut ini.

1. Masker Madu untuk Memutihkan Kulit

Untuk membuat masker madu yang memberi efek memutihkan, bahan campuran yang bisa digunakan adalah susu dan timun. Susu sudah dikenal sejak dulu bisa memutihkan wajah dengan cepat. Sementara timun  bisa meremajakan kulit, berikut langkah-langkah pengolahannya:

  • Parut mentimun hingga halus.
  • Campurkan susu dan madu ke dalam parutan tersebut.
  • Oleskan pada wajah secara merata.
  • Tunggu sampai 10 menit.
  • Agar hasil maksimal, lakukan pembilasan dengan air hangat.

Baca : Manfaat Madu Hitam

2. Masker Madu untuk Mencegah Penuaan Dini

Jika bermasalah dengan tanda-tanda penuaan dini, madu bisa diolah menjadi masker menggunakan campuran tomat. Proses pembuatannya juga sangat mudah diterapkan, yaitu:

  • Peras tomat dan wadahi air perasannya.
  • Campurkan air perasan yang sudah diwadahi tadi dengan sesendok madu murni.
  • Oleskan pada wajah.
  • Diamkan sekitar 15 menit sebelum dibilas.

3. Masker Madu untuk Mengencangkan dan Mencerahkan Kulit

Vitamin C dan B merupakan kandungan yang cukup efektif mencerahkan kulit. Keduanya terdapat pada madu dan jeruk nipis. Selain cerah, wajah juga lebih kencang karena cairan jeruk bisa mengecilkan pori-pori. Cara membuat masker madu jeruk nipis adalah:

  • Peras jeruk nipis pada wadah.
  • Tambahkan sesendok madu pada perasan tersebut, lalu aduk rata.
  • Oleskan campuran madu dan perasan jeruk pada seluruh permukaan wajah.
  • Tunggu 30 menit, lalu bilas.

4. Masker Madu untuk Mengatasi Jerawat

Bagi yang memiliki kulit jerawat, bisa dikempiskan secara perlahan menggunakan masker madu yang dicampur kayu manis dan lemon. Jika dilakukan secara rutin, jerawat akan hilang tanpa menyisakan bekas noda di wajah. Cara membuat masker anti jerawat meliputi:

  • Peras sebuah lemon dalam sebuah wadah.
  • Tambahkan sesendok madu dan kayu manis bubuk ke dalamnya.
  • Aduk rata hingga menyerupai masker.
  • Aplikasikan pada wajah dan jauhkan dari area mata.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air bersih.

5. Masker Madu untuk Melembabkan Kulit

Walaupun bisa menjadi bahan masker untuk mengatasi jerawat, madu juga bisa digunakan untuk melembabkan kulit. Tentunya dengan mencampur menggunakan bahan alami lainnya. Cara membuat masker madu untuk melembabkan kulit adalah:

  • Haluskan seperempat bagian alpukat.
  • Tambahkan bubuk kacang almond dan madu sebanyak 2 sendok.
  • Aplikasikan ke wajah yang kering dan biarkan selama 20 menit.
  • Bilas menggunakan air hangat.

Manfaat Madu Untuk Wajah

Manfaat Madu untuk Wajah

Selain memiliki rasa manis yang khas, madu kerap kali dimanfaatkan untuk kecantikan. Manfaat madu untuk wajah sudah dikenal oleh masyarakat Mesir kuno. Ternyata manfaat tersebut memang sudah terbukti secara ilmiah.

Manfaat Madu untuk Wajah

Manfaat madu untuk wajah disebabkan karena di dalamnya mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan kulit, seperti vitamin C, antioksidan alami, dan anti mikroba. Dengan kandungan tersebut diperoleh berbagai manfaat, yaitu:

1. Mencerahkan Wajah

Madu mampu mencerahkan wajah karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin C yang bisa menutrisi kulit dari dalam. Selain itu, anti mikroba akan mencegah kulit dari serangan kuman yang membuat kulit terlihat kusam.

2. Mengempiskan Jerawat

Penyebab utama jerawat adalah bakteri. Oleh sebab itu, madu menjadi obat ampuh yang bisa mengempiskan jerawat akibat bakteri tersebut. Hal ini tidak lepas dari kandungan madu yang memiliki anti mikroba untuk membunuh bakteri dan membantu mengempiskan jerawat secara perlahan.

3. Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Flek hitam bekas jerawat disebabkan karena ada sel kulit mati yang sulit melakukan regenerasi di dalamnya. Karena madu mengandung perpaduan anti inflamasi, antiseptic, serta anti bakteri, maka bekas jerawat bisa pudar dan berganti sel kulit baru yang cerah.

4. Melembabkan Wajah

Madu mengandung air hingga 17 persen yang sangat efektif menjaga kelembaban kulit. Terlebih kandungan air tersebut sudah dilengkapi dengan humektan. Tidak heran jika penggunaan madu sebagai masker wajah  bisa mengatasi masalah kulit kering seperti bersisik dan keriput.

5. Mengatasi Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini pada kulit di antaranya adalah kulit kering dan keriput, terdapat flek hitam, serta adanya garis-garis halus. Kandungan dalam madu bisa mengatasi semua permasalahan tersebut dan membuat wajah terlihat kembali muda.

6. Mengangkat Sel Kulit Mati

Tekstur madu yang lengket ternyata bersifat mengelupaskan kulit, sehingga efektif mengangkat sel kulit mati. Madu asli bisa dibalurkan pada wajah dan didiamkan beberapa menit. Jika digunakan secara rutin, madu bisa membantu regenerasi kulit mati.

7. Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Pori-pori yang terlalu besar menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah, sehingga rentan berjerawat. Untuk mengatasi masalah tersebut, madu bisa menjadi bahan alami untuk mengecilkan pori-pori dan membersihkan penyumbatan kotoran di dalamnya.

8. Menyamarkan Kerutan dan Garis Halus

Manfaat madu untuk wajah yang jarang diketahui banyak orang adalah mampu mengencangkan kulit kendur akibat kekeringan. Kandungan emolien pada mau bisa meningkatkan kelembaban kulit sehingga lebih kencang, bebas kerutan, serta terhindar dari garis-garis halus.

9. Melembutkan Tekstur Wajah

Wajah yang rusak dan kasar sering kali disebabkan karena radikal bebas yang sulit dinetralkan oleh kulit. Melalui antioksidan pada madu, maka radikal bebas yang menumpuk bisa berkurang dan kulit terasa lembut.

Berbagai manfaat madu untuk wajah bisa menjadi bahan alternatif untuk perawatan kecantikan yang lebih murah dan alami. Anda akan terbebas dari efek samping karena bahan alami dari madu jarang menyebabkan alergi yang merugikan kulit.

Karena termasuk bahan alami, tentu hasil dari masker madu ini tidak bisa dirasakan secara instan. Anda harus rutin mengaplikasikannya agar bisa memberikan hasil yang maksimal. Namun pastikan untuk memilih campuran bahan yang sesuai dengan jenis kulit.

Sumber: https://gudangmadusumatera.com/