12 Jenis Bukti Transaksi di Perusahaan

Bukti transaksi – Sebuah transaksi biasanya memiliki bukti khusus yang digunakan sebagai tanda persetujuan kedua belak pihak yang bersangkutan. Bukti ini dimaksudkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan atau penyalahgunaan wewenang. Ada banyak jenis bukti transaksi, dalam artikel ini akan dibahas mengenai jenis-jenis bukti transaksi.

Jenis-jenis Bukti Transaksi

Jenis-jenis bukti transaksi perusahaan di Indonesia ada beragam misalnya saja :

  1. nota kontan
  2. nota kredit
  3. nota debet
  4. kwitansi
  5. cek
  6. faktur
  7. rekening koran
  8. bilyet giro
  9. bukti kas masuk
  10. bukti kas keluar
  11. bukti setoran bank
  12. bukti memo/memorandum

Bukti-bukti tersebut biasanya dicetak pada lembaran kertas. Lembaran tersebut dibagi menjadi dua yaitu bukti yang disimpan oleh pihak penjual dan bukti yang disimpan oleh pihak pembeli. Berikut penjelasan tentang masing-masing bukti transaksi.

1. Nota Kontan

contoh-nota-kontan

Nota adalah bukti transaksi paling umum yang digunakan oleh warga Indonesia. Tidak hanya toko-toko besar, namun toko-toko kecil seperti toko kelontong pun biasanya memberikan nota kepada pembelinya. Secara umum nota dibagi menjadi tiga jenis yaitu nota kontan, nota kredit, dan nota debet. Nota-nota tersebut tidak jauh berbeda satu dengan yang lain. Meskipun begitu ada perbedaan mendasar antar ketiganya. Apa sajakah itu? Simak pembahasan dibawah ini.

Nota Kontan: Nota ini merupakan nota pembayaran pada umumnya yang sering anda lihat. Ini merupakan nota yang dikeluarkan oleh sang penjual dan diberikan kepada sang pembeli. Biasanya diberikan bila barang atau jasa yang dimaksudkan dalam transaksi yang dibayar secara tunai. Biasanya berjumlah dua lembar. Lembar pertama untuk pembeli dan lembar kedua untuk penjual.

2. Nota Kredit

Bukti transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual secara kredit (retur penjualan), atau pengurangan harga faktur karena barang sebagian rusak atau kualitas yang tidak sesuai dengan pesanan.

Nota Kredit adalah jenis bukti transaksi penerimaan atau pengambilan barang. Nota ini juga berfungsi sebagai alat persetujuan dari pihak penjual atas permohonan pengurangan harga. Alasannya karena barang ada yang cacat atau mengalami kerusakan (biasanya akibat kesalahan dari pihak penjual). Nota satu ini dibuat oleh pihak penjual dan diberikan untuk pihak pembeli.

3. Nota Debet

contoh bukti transaksi nota debet

Nota Debet hampir serupa dengan nota kredit, letak perbedaanya ada pada isinya. Isi nota ini merupakan dokumen atau bukti permintaan pengurangan harga kepada pihak penjual.

Dokumen tersebut juga merupakan permintaan pengiriman kembali barang yang tidak sesuai dengan pesanan yang telah disepakati sebelumnya. Nota ini dibuat oleh pembeli.

Nota kredit dan nota debet biasanya dibuat ketika terjadi ketidakcocokan, kesalahan pengiriman, atau kerusakan barang yang diberikan sang penjual kepada sang pembeli. Dengan nota ini berarti masing-masing pihak menyetujui adanya perubahan kesepakatan awal dan mengganti dengan kesepakatan baru.

4. Kwitansi

contoh kwitansi

Kwitansi yaitu salah satu dari jenis-jenis bukti transaksi yang dikeluarkan saat seseorang menerima atau mengeluarkan sejumlah uang untuk keperluan tertentu.

Dalam kwitansi terdapat dua buah tanda tangan, yaitu tanda tangan pihak penerima uang dan tanda tangan pihak yang memberi uang. Kwitansi pada umunya ada dua bagian, bagian pertama diberikan kepada pihak yang membayar dan bagian lainnya disimpan oleh orang yang menerima uang.

Baca : Pengertian dan contoh kwitansi

5. Cek

contoh bukti transaksi cek

Cek dalam Bahasa Inggris Cheque merupakan sebuah bukti perintah pembayaran sejumlah uang dengan nominal tertentu dari pihak Bank untuk diberikan kepada seseorang yang membawa cek tersebut.

Pengertian cek

Sudah pasti perintah tersebut diberikan kepada Bank dimana pihak pertama memiliki rekening dan jumlah uang yang sesuai disana. Biasanya pihak Bank akan mengkonfirmasi terlebih dahulu pada pihak pertama tentang kebenaran cek tersebut sebelum memberikan uang kepada orang yang membawa cek.

Baca : Pengertian dan contoh cek

6 Faktur

contoh bukti faktur
sumber : zahiraccounting.com

Faktur diberikan oleh penjual kepada pembeli fungsinya adalah sebagai validasi atau pertimbangan apakah barang yang diberikan oleh penjual sudah sesuai dengan barang yang dibeli oleh pembeli.

Dalam faktur terdapat keterangan lengkap mengenai barang transaksi, mulai dari nama, jumlah, harga satuan, hingga total harga. Biasanya dikeluarkan oleh toko-toko besar dengan pembelian di atas satu juta rupiah.

Baca : Contoh faktur dan fungsinya

7. Rekening Koran

contoh rekening koran
sumber : https://blogjeems.blogspot.com/2018/08/contoh-rekening-koran-bca-untuk.html

Rekening koran merupakan salah satu dari sekian banyak jenis-jenis bukti transaksi untuk mutasi kas di bank yang disusun oleh pihak bank itu sendiri dan diberikan kepada pihak nasabah yang memintanya. Hampir menyerupai buku tabungan, bedanya rekening koran tidak berbentuk buku dan hanya bisa dikeluarkan bila pihak nasabah memintanya kepada pihak Bank dengan membuktikan surat-surat resmi reperti rekening dan KTP asli.

8. Bilyet Giro

contoh bilyet gito
sumber : https://slideplayer.info/slide/12717313/

Bilyet Giro merupakan surat resmi atau dokumen resmi yang digunakan sebagai perintah untuk pemindahbukukan sejumlah uang dengan nominal tertentu dari satu rekening nasabah ke rekening nasabah lain (bisa di bank yang sama atau berbeda).

Surat ini sering digunakan jaman dahulu sebelum adanya kemampuan transfer uang secara langsung seperti sekarang. Bilyet giro selengkapnya…

9. Bukti Kas Masuk

contoh bukti kas masuk
sumber :http://weeq-blajar.blogspot.com/2017/04/bukti-transaksi-kas-bank.html

Bukti kas ada dua, yaitu bukti kas keluar dan bukti kas masuk. Bukti kas masuk yaitu bukti transaksi penerimaan uang dari pihak tertentu. Kedua bukti tersebut akan disusun sebagai jurnal laporan keuangan suatu perusahaan atau instansi tertentu.

10. Bukti Kas Keluar

contoh bukti kas keluar
sumber : https://docplayer.info/45968837-Lampiran-1-bukti-kas-masuk.html

Bukti kas keluar merupakan bukti transaksi pengeluaran uang atau pembayaran kepada pihak tertentu.

11. Bukti Setoran dan Penarikan Uang di Bank

contoh-bukti-setoran-bank-bca
SUMBER : http://missaquanette.blogspot.com/2016/12/transfer-tanpa-rekening-bca.html

Bukti setoran bank merupakan bukti transaksi penyetoran uang (slip setoran) nasabah ke bank. Sedangkan bukti penarikan adalah bukti transaksi pengambilan uang (slip penarikan) nasabah dari bank. Kedua bukti ini harus disimpan baik-baik karena dapat digunakan sebagai rekonsiliasi bank jika terjadi hal-hak yang tidak diinginkan.

12. Bukti Memo

contoh bukti memo
sumber : http://ucrusridwan.blogspot.com/2017/03/makalah-mengelola-dokumen-transaksi.html

Bukti memo merupakan salah satu jenis-jenis bukti transaksi  yang berbentuk memo. Dibuat oleh pimpinan perusahaan atau instansi tertentu. Diberikan kepada staff atau bawahan yang diberikan wewenang khusus pada suatu-suatu kejadian tertentu yang berlangsung dalam internal perusahaan atau instansi yang bersangkutan.

Contoh dari bukti ini adalah surat memo pengecekan kas masuk dan keluar yang dibuat oleh direktur untuk diberikan kepada bendahara perusahaan.

Semoga jenis-jenis bukti transaksi diatas dapat membantu anda yang akan melakukan transaksi baik itu sebagai pihak pertama ataupun pihak kedua, selalu ingat untuk menyimpan bukti transaksi tersebut. Selamat bertransaksi.

Leave a Comment