BAB Berdarah: Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobatinya

224 views

Penyebab BAB berdarah salah satu penyakit yang cukup merepotkan, berakitbat sulit mengontrol badan karena badan akan terasa lemas, letih, dan lesu, biasanya terjadi saat BAB berdarah entah itu mulai dari bab keluar darah menets dipagi hari karena BAB dipagi hari adalah salah satu rutinitas, berdasarkan pengalaman pribadi BAB berdarah ini sangatlah membuat semua pekerjaan menjadi terbengkalai. BAB berdarah ini menjadi masalah terbesar dalam kehidupan sendiri apabila tidak di obati dan dicegah.

Berdasarkan pengalaman pribadi sendiri saat BAB berdarah terjadi ini banyak hal yang menjadi faktor munculnya, setelah tanya kesana kesini tentang obat yang dipakai memang ada pengaruhnya tetapi tidaklah maksimal, sampai akhirnya sering sekali disarankan untuk operasi kecil ke sebuah rumah sakit agar penyembuhan bisa dilakukan dengan maksimal, tetapi sesungguhnya operasi kecil tersebut tidaklah menjadi satu – satunya pengobatan untuk hal BAB keluar darah, akan tetapi yang terpenting kita mengetahui apa hal yang menjadi penyebab dan bagaimana mencegah agar tidak BAB berdarah kembali. Saat ini terjadi tak tak hanya berlangsung satu dua hari terkadang sampai 1 minggu, bahkan lebih.

Karena itulah semua saya mencoba menuliskan tentang penyebab BAB berdarah ini. Perlu diketahui BAB berdarah ini tidak hanya di derita sebagian usia tertentu saja, akan tetapi dapat di derita semua usia termasuk bisa terjadi bab berdarah pada anak kecil, bab berdarah pada bayi, penyakit ini memang saya pribadi belum mendengar sendiri bahwa penyakit BAB berdrah dapat mengancam jiwa akan tetapi mengancam pekerjaan bisa jadi karena membutuhkan istirahat maksimal untuk pemulihan yang baik akibat keluar banyak darah secara rutin. Nah sekarang perhatikan point – point dibawah ini untuk mengenal penyebab BAB berdarah yang sering terjadi pada anda atau keluarga agar dapat mencegah atau meminimalisir terjadinya BAB berdarah kembali.

Apa penyebab BAB berdarah ?

Penyebab BAB berdarah disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :

  1. Wasir atau Ambeien

Wasir dapat dikatakan sebagai suatu kondisi terjadinya peningkatan tekanan pada pembuluh darah vena pada daerah anus, sehingga menyebabkan pelebaran disertai peradangan pembuluh darah pada vena dan jika terjadi peradangan yang menjadi penyebabkan bab berdarah. Wasir sering kali dipicu oleh kebiasaan kita terlalu lama duduk seperti bermain game atau komputer, sulitnya BAB akibatnya kita mengejan, seringnya berkendara jauh tanpa memikirkan istirahat, dan penyakit – penyakit lain.

Penyakit inilah yang sering saya derita selama ini tapi kini Alhamdulillah sekarang mulai bisa mengondisikan diri karena sedikit mengerti point – point dari penyakit ini. Penyebab bab berdarah ini biasanya ditandai dengan adanya darah merah segar pada saat BAB yang menetes atau seperti air kran bocor yang mancur deras.

Ciri dari terjadinya wasir adanya benjolan atau tonjolan dari dalam anus yang keluar, biasanya kalau sudah lama terus menerus akan mengalami sakit, jika di abaikan tanpa penanganan tonjolan ini semakin besar. Tonjolan wasir ini akan kelaur saat BAB yang dan pada saat itulah keluarnya darah segar. Sebagai saran banyak istirahat, banyak minum air putih, konsumsi makanan berserat seperti sayur – sayuran atau memakan buah – buahan berserat seperti pepaya saat mengalami BAB berdarah karena hal ini sangat meringankan dan membantu untuk pencegahan.

  1. Kanker Usus / Polip

Polip yaitu jenis pertumbuhan pada jaringan yang tidak di inginkan sehingga menyebabkan komplikasi kanker pada tubuh. Penyebab yang lain berkemungkinan selain polip itu sendiri terjadinya kanker pada usus kita sehingga menyebabkan terjadinya BAB berdarah, hal ini jika terjadi tidak akan terlihat oleh kasatmata. Penyebab BAB berdarah bagian kanker usus ini, biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki usia 40 tahun, karena lebih beresiko tinggi menderita penyakit kanker usus. Kanker usus besar sangat berpotensi menyebabkan terjadinya BAB berdarah. Jika anda kurang yakin apakah anda terkena kanker usus besar atau wasir, atau disebabkan yang lain lebih baik segera memeriksakan ke dokter agar di lakukan tes carsinoembryonic antigen untuk menghilangkan tinja berdarah dan pemeriksaan disertai penanganan yang tepat. Imbangi makanan berserat dalam kehidupan sehari – hari karena makanan berserat mempermudah terjadinya BAB sehingga mengurangi resiko BAB berdarah keluar darah segar terutama pada point kanker usus ini karena kanker usus ini juga dapat dicegah oleh makanan berserat.

  1. Tukak lambung

Penyebab BAB berdarah bagian ini terjadi pada lambung yang dikenal dengan tukak lambung, penyebab tukak lambung biasanya disebabkan oleh bakteri yang dikenal dengan Helicobacter pylori ( H. Pylori ). Untuk kasus tukak lambung biasanya disertai nyeri pada lambung sehingga pederita sering mengkonsumsi obat – obatan tanpa di konsultasikan pada dokter atau pemeriksaan dokter lebih lanjut sehingga mengkonsumsi obat – obatan seperti anti inamasi, ibu profen, naproxen dan juga aspirin secara terus menerus atau dalam jangka waktu panjang dengan kadar dosis yang tinggi sehingga menyebabkan terjadi tukak lambung dan menyebabkan BAB berdarah dengan darah yang berwarna kehitaman.

  1. Anal asure atau Fissura Ani

Berikut ini merupakan penyakit yang penyebab bab berdarah yang diakibatkan oleh luka atau robekan dalam jaringan pelapis anus yang disebut dengan Anal asure. Anal asure biasanya terjadi dikarenakan besarnya feses yang akan dikeluarkan besar dan tidak lunak karena kurang makan serat saat keluar feses akan terjadi robekan dinding pelapis anus atau luka. Robekan akan menimbulkan rasa sakit dan perih saat melakukan bab, selain itu keluarnya darah segar akan memperburuk keadaan karena kondisi tubuh akan terasa lemah akibat sering mengeluarkan darah segar pada saat bab.

  1. Cidera internal

Cidera internal mejadi penyebab bab berdarah karena jika terjadi cidera internal maka akan terjadinya pendarahan. Cidera internal yang dimaksudkan biasanya terjadi pada saluran pencernaan. Selain cidera internal terjadi juga pada masalah kerongkongan yang robek perlu adanya dignosa yang tepat untuk permasalahan ini agar dapat disembuhkan dan menghentikan pendarahan dengan baik.

Sebenarnya, apa saja yang bisa menyebabkan BAB kita berdarah, berikut ulasan dr. Dewi Ema Anindia yang dikutip melalui klikdokter.com:

  1. Kolitis

Kolitis ini merupakan penyakit yang disebabkan peradangan pada usus besar sehingga peradangan tersebut menyebabkan bab berdarah. Penyeba bab berdarah kolistis ini adalah infeksi saluran usus atau penyakit radang usus yang mengakibatkan pendarahan sehingga darah menetes atau terus menerus keluar seperti slang bocor deras melalui anus berbarengan dengan feses.

Bagaimana cara mencegah BAB berdarah

Sebagai pencegahan menjadi penyebab BAB berdarah makan harus diperhatikan beberapa point – point dibawah ini :

  1. Minum air putih secukupnya
  2. Makan – makanan berserat dan buah – buahan
  3. Olah raga secukupnya
  4. Pola makan
  5. Pola istirahat atau pola tidur / tidur lebih awal
  6. jangan terlalu lama duduk dan berkendara, istirahatkan tubuh anda ditempat yang nyaman
  7. jangan paksakan feses keluar jika feses terasa besar dan sulit dikeluarkan (ngejan) karena dapat merobek lapisan anus
  8. Kurngi konsumsi koffe karena dapat memicu rasa sakit.
  9. Hindari hal – hal yang menyebabkan diare ( pengalaman pribadi)

Bagaimana cara mengobati BAB berdarah

Jika sudah terlanjur terjadi dan untuk mempercepat kesembuhan dan terhindar dari bab berdarah perlu diketahui point point utama penyebab bab berdarah dan lakukan hal berikut :

  1. Berobat dan konsultasikan kedokter
  2. Banyak minum air putih
  3. Konsumsi makan – makanan kaya akan serat dan buah – buahan
  4. Hidari terlalu lelah
  5. Jangan mengangkat barang – barang terlalu berat agar tidak terjadi penekanan pada anus
  6. Istirahat penuh jangan terlalu sering lelah 
  7. Tidur teratur sebaik mungkin
  8. Berhenti konsumsi kopi sementara pengobatan ( pengalaman pribadi)
  9. Berhenti konsumsi makanan instan seperti mie instan dan lainnya.
  10. Jangan sampai timbul penyakit diare karena diare akan memperparah dan menyebabkani iritas pada anus seperti luka dan terasa sangat sakit

Anad perlu memahami dengan anda sering buang air besar berdarah anda akan mengalami gangguan kesehatan yang lain seperti halnya kurang darah atau anemia, jadi waspadai hal tersebut dan anda harus benar – benar cepat menanganinya. Hal yang membuat anda merasakan lemas saat terjadi buang air besar karena darah anda terus berkurang dan ini adalah bagian dari penyebab anemia yaitu pendarahan. Hanya seperti itu yang dapat saya jelaskan, semoga artikel diisini dapat bermanfaat bagi anda dan saya pribadi.

 

Tags: #bab

Leave a reply "BAB Berdarah: Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobatinya"

Author: 
    author